WHAT'S NEW?
Loading...

Kewajiban Ukhuwah di Tengah Keberagaman


Bismillah Alhamdulillah

Allohummasholli'alamuhammadwa'alaalisayyidina muhammad.

Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh
Sahabat yang dimuliakan ALLOH SWT,pada kesempatan 68 saya akan belajar Tentang 
Kewajiban Ukhuwah di Tengah Keberagaman,banyak sekali keberagaman misalnya di indonesia saja  ada 5 agama,tidak semua islam juga banyak suku-suku -,berbeda bahasa dan lain lain.
Maka dari itu kita harus mampu bersatu,dengan cara apapun kita tidak boleh di pecah belah.

Berikut penjelasanya!



Kewajiban Ukhuwah di Tengah Keberagaman


A.Definisi Ukhuwah

Dari segi bahasa : berasal dari perkataan akhun yang membawa erti saudara,teman,sahabat dan lain-lain lagi.
Dari segi istilah : Menurut Al-Quran : Perasaan kasih sayang,tolong menolong,Bantu membantu, bertolak ansur bermesra dan cinta mencintai diantara sesama umat Islam tanpa terkecuali, Allah berfirman “Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara , maka damaikanlah diantara kedua saudaramu dan bertaqwalah kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat” (surah al-Hujurat : 10)Menurut hadis : Seperti tubuh badan ,darah daging, dan roh umat Islam sendiri .
Rasulullah s.a.w bersabda “ Daripada Nu’man bin Bashir r.a : Bahawa Rasulullah s.a.w bersabda : Perbandingan orang-orang mukmin pada kasih sayang mereka adalah seperti tubuh badan uang satu , apabilah satu anggota berasa sakit seluruh badan akan turut merasainya.”


Ukhuwah Menuntut Konsekwensi

Ukhuwah islamiyah memang sangat indah dan agung. Tiada ikatan persatuan apapun di dunia ini yang lebih indah, agung, dan penuh hikmah sebagaimana ikatan ukhuwah islamiyah. Demikian agung dan indahnya ukhuwah islamiyah, sehingga mewujudkannya pun merupakan sebuah mega proyek yang sangat berat. Hanya jiwa-jiwa Muslim yang telah disucikan saja yang akan sukses merealisasikannya.

Meskipun mewujudkan ukhuwah islamiyah merupakan pekerjaan yang sangat sulit nan berat, bukan berarti ia adalah hal yang mustahil. Dengan hati yang ikhlas, usaha yang sungguh-sungguh, semangat yang tak pernah luntur, dan doa kepada Allah ‘Azza wa Jalla, insya Allah ukhuwah islamiyah bisa direalisasikan oleh umat Islam.

Lantas, usaha seperti apa yang harus dilakukan oleh umat Islam dengan sungguh-sungguh, agar mereka bisa merasakan manisnya persaudaraan seislam dengan sesama Muslim lainnya? Secara garis besar bisa dijelaskan bahwa usaha tersebut adalah dengan cara setiap Muslim menunaikan kewajiban-kewajiban yang menjadi konskuensi logis dari ukhuwah islamiyah itu sendiri. Berikut ini adalah sebagian konskuensi dari ukhuwah islamiyah tersebut.

Pertama, menolong sesama Muslim dalam amal-amal kebajikan dan ketakwaan

Allah ‘Azza wa Jalla berfirman,

وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ

“Dan tolong-menolonglah kalian dalam amal kebaikan dan ketakwaan dan janganlah kalian tolong menolong dalam perbuatan dosa dan aniaya.” (QS. Al-Maidah [5]: 2)

Dalam konteks ayat ini dijelaskan bahwa selagi saudara muslim kita dalam agenda-agenda ketakwaan, maka menjadi keajiban bagi kita semua untuk mendukung dan membantunya. Toh, jika tidak bisa berkontribusi pada agenda-agenda ketakwaan saudara muslim kita, setidaknya upayakan jangan sampai kita menjadi duri perintang dan aral pengganggu. Allah SWT berfirman :

وَالْمُؤْمِنُونَ وَالْمُؤْمِنَاتُ بَعْضُهُمْ أَوْلِيَاءُ بَعْضٍ

“Orang-orang beriman laki-laki dan orang-orang beriman perempuan itu sebagian mereka adalah penolong bagi sebagian lainnya…” (QS. At-Taubah [9]: 71-72)

Kedua, tidak menzalimi sesama Muslim lainnya dengan bentuk kezaliman apapun.

Abu Hurairah RA meriwayatkan bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam khutbah wada’nya di hadapan lebih dari 100.000 sahabat telah bersabda, “Ketahuilah, sesungguhnya Allah telah mengharamkan nyawa kalian, harta kalian, dan kehormatan kalian, sebagaimana keharaman hari kalian ini, di negeri kalian ini, di bulan suci ini.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Abu Hurairah RA juga meriwayatkan bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda,


وَكُونُوا عِبَادَ اللهِ إِخْوَانًا الْمُسْلِمُ أَخُو الْمُسْلِمِ، لَا يَظْلِمُهُ وَلَا يَخْذُلُهُ، وَلَا يَحْقِرُهُ التَّقْوَى هَاهُنَا» وَيُشِيرُ إِلَى صَدْرِهِ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ «بِحَسْبِ امْرِئٍ مِنَ الشَّرِّ أَنْ يَحْقِرَ أَخَاهُ الْمُسْلِمَ، كُلُّ الْمُسْلِمِ عَلَى الْمُسْلِمِ حَرَامٌ، دَمُهُ، وَمَالُهُ، وَعِرْضُهُ
“Jadilah kalian hamba-hamba Allah ‘Azza wa Jalla yang bersaudara. Seorang Muslim itu saudara bagi Muslim lainnya. Seorang Muslim tidak akan menzalimi Muslim lainnya dan tidak akan menelantarkannya (ketika Muslim lainnya mengalami kesusahan hidup). Ketakwaan itu ada di sini —beliau menunjuk ke dada beliau sebanyak tiga kali—. Cukuplah seseorang dianggap jahat apabila ia meremehkan saudaranya sesama Muslim. Seorang Muslim itu haram diganggu oleh Muslim lainnya, baik nyawanya, hartanya, maupun kehormatannya.” (HR. Muslim)

Ketiga, mencintai dan menyayangi sesama Muslim lainnnya

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah memberikan permisalan yang indah tentang wujud ukhuwah yang seharusnya terjalin di antara umat Islam. Sebagaimana disebutkan dalam hadits dari Nu’man bin Basyir Ra bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

تَرَى المُؤْمِنِينَ فِي تَرَاحُمِهِمْ وَتَوَادِّهِمْ وَتَعَاطُفِهِمْ، كَمَثَلِ الجَسَدِ، إِذَا اشْتَكَى عُضْوًا تَدَاعَى لَهُ سَائِرُ جَسَدِهِ بِالسَّهَرِ وَالحُمَّى

“Engkau akan melihat orang-orang beriman dalam sikap saling menyayangi di antara mereka, saling mencintai di antara mereka, dan saling menyantuni di antara mereka, adalah laksana sebuah tubuh. Jika ada satu anggota tubuh yang sakit, seluruh anggota tubuh lainnya ikut merasakan sakit dengan mengalami sulit tidur dan demam panas.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Abu Musa Al-Asy’ari RA juga meriwayatkan bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda,

الْمُؤْمِنُ لِلْمُؤْمِنِ كَالْبُنْيَانِ يَشُدُّ بَعْضُهُ بَعْضًا

“Orang mukmin yang satu dengan orang mukmin lainnya itu laksana sebuah bangunan yang kokoh, satu unsur dengan unsur lainnya saling menguatkan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Keempat, memberikan nasehat kepada sesama Muslim

Seorang Muslim akan menaruh kepedulian terhadap keadaan saudara lainnya. Jika saudaranya bodoh, niscaya ia akan mengajarinya ilmu. Jika saudaranya butuh pertimbangan, niscaya ia akan memberikan saran. Jika saudaranya membutuhkan partner musyawarah, niscaya ia akan memberikan masukan-masukan yang konstruktif. Ia akan memberikan nasehat yang membawa kebaikan bagi diri saudaranya, baik dalam urusan dunia maupun urusan akhirat.


عَنْ جَرِيرٍ، قَالَ: «بَايَعْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى إِقَامِ الصَّلَاةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ، وَالنُّصْحِ لِكُلِّ مُسْلِمٍ»


Dari Jarir bin Abdullah al-Bajali RA, ia berkata, “Saya membai’at Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan memberikan nasehat kepada setiap Muslim.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Subhanalloh,sungguh jika kita mampu untuk selalu bersatu entah dengan perbedaan yang seperti apapun,pasti kita akan mampu untuk mencapai sesuatu yang dinamakan rohmatallil'alamin atau rahmat bagi seluruh alam.
Wallohua'lam

Mungkin itu yang dapat kita pelajari hari ini,kalau ada kata atau tulisan yang salah maupun tidak benar saya SOHIBY mengucapkan banyak minta maaf,jika ada sesuatu yang tidak berkenan dihati silakan komen agar saya tahu kesalahan saya.
Terimakasih,semoga bermanfaat.

Jangan lupa untuk selalu dapat belajar bersama saya LIKE FOLLOW DAN SHARE!!!

0 comments:

Post a Comment