WHAT'S NEW?
Loading...

Bagaimana Menjadi Orang Tua Yang Baik Untuk Anak


Bismillah Alhamdulillah
Allohummasholli'alamuhammadwa'alaalisayyidina muhammad.

Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh
Sahabat yang dimuliakan ALLOH SWT,pada kesempatan 39 ini saya akan belajar bagaimana menjadi orang tua yang baik bagi anak-anak pengganti kita,sering kita mendengarkan orang tua yang berbicara pada anaknya,"kamu harus lebih baik dari ayah dan ibu".kata kata itu bisa di wujudkan sejak dini,dengan menjadi pribadi yang lebih baik trlebih dahulu bagi yang belum menikah.bagi yang sudah mari kita perbaiki dahulu diri kita,agar kelak keturunan kita juga menjadi pribadi yang baik,seperti pepatah buah jatuh tidak jauh dari pohonya,seperti halnya sifat anak tidak jauh dari orang tuanya.


Pengertian Baik.
sesuatu yang disukai orang,benar,dan berfa'at bagi orang lain juga sesuatu yang diridhoi ALLOH SWT.

Pengertian Orang Tua islami.
Orang tua Merupakan pimpinan dalam suatu rumah tangga atau keluarga dan sangat menentukan terhadap baik buruknya kehidupan itu dimasa datang.

Banyak sekali metode parenting atau membesarkan anak. Para orang tua Sekolah Tahfidz Quran Cita Mulia di Kebagusan Jakarta Selatan diberikan pengetahuan berdasarkan rumus Smart Empowerment Technique (SET).



 meningkatkan pemahaman para orang tua dalam berperan sebagai orang tua yang efektif dalam membina anak-anaknya sangat diperlukan dalam masa sekarang.

 peran keluarga adalah pondasi pertama dan paling utama. Apalagi bila ingin mewujudkan masyarakat madani. Karena menurut dia, salah satu sumber krisis moral adalah bersumber dari salah pengasuhan dan tidak ada role model yang memadai dalam keluarga.

ada 7 Pengasuhan Ideal.
1. adanya kesiapan menjadi orang tua. 
2. adanya Kesepakatan tujuan pengasuhan. 
3. harus ada pola dual Parenting khususnya ayah.
4.adanya komunikasi hangat, positif dan efektif. 
5.adanya penanaman nilai-nilai Agama. 
6., memahami karakter dan kebutuhan setiap anak.
7., adanya aturan yang disepakati dalam keluarga.

Disamping itu juga menekan kan penting nya memahami diri anak secara komprehensif.  setidaknya ada7 tips praktis dalam menjadi orang tua yang lebih baik. 
1. mengenai penerapan nilai-nilai agama dan moral dalam keluarga. 
2., Jadilah orang yang Anda ingin anak Anda akan menjadi seperti apa.
3. pilihlah kata-kata dengan bijak," ujar Ika.
4. penerapan aturan yang jelas dan konsisten. 
5. ciptakanlah ‘special moments’ Keluarga. 
6., contigency plans. 
7. cintailah anak tanpa SYARAT, bahkan dalam situasi apapun dan terakhir orang tua perlu belajar teknik psikoterapi sederhana.

orang tua yang bahagia akan membawa kebahagiaan kepada anak. Ketika orang tua memiliki masalah yang tidak terselesaikan sehingga menjadi stress berkepanjangan, maka pola pengasuhannya pun menjadi tidak baik, sehingga anak-anaknya tidak terkena masalah psikologis juga. Alhasil, situasi ini menjadikan keluarga menjadi ridak hangat.
Oleh karena itu, menurut dia, orang tua juga diajak untuk memiliki kemampuan Self Healing atau menjadi terapis bagi diri sendiri. Oleh karena itu dalam sesi terakhir,
"Yang paling penting adalah meningkatkan keikhlasan atas apa yang telah terjadi sehingga meningkatkan rasa syukur dan penerimaan diri yang tinggi, sehingga berujung pada peningkatan spiritualitas kita," kata dia.

Mungkin itu yang dapat kita pelajari hari ini,kalau ada kata atau tulisan yang salah maupun tidak benar saya SOHIBY mengucapkan banyak minta maaf,jika ada sesuatu yang tidak berkenan dihati silakan komen agar saya tahu kesalahan saya.


Terimakasih,semoga bermanfaat.
Jangan lupa untuk selalu dapat belajar bersama saya LIKE FOLLOW DAN SHARE!!!
WASSALAMU'ALAIKUM WR WB.


0 comments:

Post a Comment