WHAT'S NEW?
Loading...

Macam Macam Najis Dan Cara Mensucikanya


Bismillah Alhamdulillah

Allohummasholli'alamuhammadwa'alaalisayyidina muhammad.

Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh
Sahabat yang dimuliakan ALLOH SWT,pada kesempatan 67 saya akan belajar Tentang najis dan macam macamnya.

Apakah anda sudah mengerti apa itu najis?
Apakah anda sudah mengerti saja macam-macam najis?
Apakah anda sudah mengerti benda-benda atau zat apa sajakah yang termasuk dalam kategori najis?
Jika anda belum mengetahuinya, insya Allah artikel berikut ini bisa menjelaskan.


PENGERTIAN NAJIS

Bahasa

Secara bahasa najis berasal dari kata qof, dzal, ro yang biasa disebut alqodzaroh ( القَدَارَةُ ).
Yang bermakna kotoran.

Istilah
Sedangkan menurut istilah bermakna, setiap zat yang dianggap kotor dan dijauhi oleh orang-orang yang memiliki tabiat dan perilaku yang baik.

Najis-najis itu ada 3 macam, yaitu :

Mughollladhoh (najis yang berat)
Mukhoffafah (najis yang ringan)
Mutawassithah (najis pertengahan)
Yang termasuk najis mugholladhah, yaitu: najisnya anjing dan babi, termasuk pula air liur, ingus dan keringatnya. Demikian hasill penyilangan yang dilahirkan oleh kedua hewan tersebut, sekalipun penyilangan itu dengan binatang yang suci. Misalnya: anjing atau babi yang dikawinkan dengan kambing, lalu melahirkan anak, maka anak hasil perkawinan itu termasuk najiz mugholladhoh juga.

Cara Mensucikan Najis

cara mensucikan najis mugholladhoh yaitu: dengan membasuh tempat yang terkena najis sebanyak tujuh kali siraman, yang mana salah satunya dicampur dengan debu (tanah) yang suci sampai tidak nampak lagi najisnya.

Yang termasuk najis mukhoffafah yaitu: Air kencing balita yang belum kemasuk makanan selain air susu dan belum mencapai usia dua tahun.

Cara mensucikan najis mukhoffafah, yaitu: Cukup dengan memercikkan air diatas tempat yang terkena najis hingga tempat itu menjadi basah.

Najis mutawassithah itu ada 2 macam, yaitu:

Najis hukmiyyah ialah najis yang tidak nampak kenyataanya, tidak ada rasanya, warna dan baunya. seperti: Air kencing selain kencingnya anak kecil yang apabila air kencingnya telah mengering yang sifatnya sudah hilang sama sekali. cara mensucikannya yaitu cukup membasuh dengan air walaupun hanya dengan satu kali siraman saja.
Najis 'Ainiyah ialah najis yang nampak kenyataannya atau rasanya, warna serta baunya. Seperti kotoran manusia, benda cair yang memabukkan, air madzi, air wadi, bangkai beserta seluruh bagian-bagiannya (kecuali mayat manusia, bangkai ikan, bangkai belalang) susu binatang hidup yang dagingnya haram dimakan (selain susu manusia) dan anggota yang terpisah dari binatang yang hidup (Selain anggota yang berasal dari manusia, ikan, belalang). cara mensucikan najis ini yaitu dengan membasuh tempat yang terkena najis dengan air sampai hilang rasa, bau dan warnanya. tetapi tidak mengapa kalau yang tertinggal hanya rasa dan warna yang merupakan noda yang sulit dihilangkan.Cara mensucikan Khamar (tuak, arak atau minuman keras lainnya), yaitu: dapat menjadi suci apabila sudah berubah menjadi cukak dengan sendirinya (tidak karena diolah atau diberi campuran obat agar bisa menjadi cukak, kalauperubahan itu karena diolah atau dicampur dengan sesuatu, maka khamar itu tetap nijis).

Cara mensucikan kulit bangkai dengan disamak, kecuali kulit anjing, babi dan binatang hasil perkawinan kedua binatang itu, walaupun dikawinkan dengan binatang yang suci.


Mungkin itu yang dapat kita pelajari hari ini,kalau ada kata atau tulisan yang salah maupun tidak benar saya SOHIBY mengucapkan banyak minta maaf,jika ada sesuatu yang tidak berkenan dihati silakan komen agar saya tahu kesalahan saya.

Terimakasih,semoga bermanfaat.

Jangan lupa untuk selalu dapat belajar bersama saya LIKE FOLLOW DAN SHARE!!!

WASSALAMU'ALAIKUM WR.WB.

0 comments:

Post a Comment