WHAT'S NEW?
Loading...

EMPAT PILAR YANG WAJIB ANDA KETAHUI JIKA INGIN CEPAT DAN MUDAH DALAM MEMBANGUN SUKSES

Bismillah Alhamdulillah
Allohummasholli'alamuhammadwa'alaalisayyidina muhammad.

Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.


Sahabat yang dimuliakan ALLOH SWT,pada kesempatan 5,saya akan mengulas tentang rahasia sukses,sebelum mencapai kesuksesan,sebelumnya kita harus belajar menjadi pribadi sukses terlebih dahulu,maksudnya apa?kita harus menguasai sifat-sifat atau sikap sebagai sarana menuju sukses.

   Pribadi sukses mampu mengantarkan kita juga orang disekitar kita menuju pada kesuksesan dan kesejahteraan yang lebih tinggi.

Mari bersama-sama kita pelajari.





EMPAT PILAR PEMBANGUN SUKSES

Empat pilar sukses sebenar merupakan sifat yang telah di ajarkan oleh nabi besar baginda MUHAMMAD SAW,yang mana sifat itu jika kita teladani dan kita terapkan dalam kehidupan,akan memberi pengaruh besar terhadap hidup kita,bisa mempermudah kita dalam meraih cita-cita dan jalan menuju sukses.
   Pilar-pilar adalah sebagai berikut.

1.JUJUR 

Pengertian jujur dilihat dari segi bahasa adalah mengakui, berkata, atau pun memberi suatu informasi yang sesuai dengan apa yang benar-benar terjadi/kenyataan. Dari segi bahasa, jujur dapat disebut juga sebagai berkata atau pun memberi informasi yang  sesuai dengan kebenaran.
Jika diartikan secara lengkap, maka jujur merupakan mengatakan apa yang hak atau benar-benar terjadi terhadap suatu fenomena tertentu dan menceritakan kejadian tersebut tanpa ada perubahan/modifikasi sedikit pun atau benar-benar sesuai dengan realita yang terjadi. Sikap jujur merupakan apa yang keluar dari dalam hati nurani setiap manusia dan bukan merupakan apa yang keluar dari hasil pemikiran yang melibatkan otak dan hawa nafsu,jujur dibagi menjadi dua yaitu,jujur terhadap diri sendiri dan jujur terhadap orang lain.

2.AMANAH(DAPAT DIPERCAYA) 

Pengertian  Amanah Kata amanah menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai sesuatu yang dipercayakan (dititipkan) kepada orang lain. Definisi amanah tersebut memberikan pengertian bahwa setiap amanah selalu melibatkan 2 pihak atau lebih  yaitu si pemberi amanah dan si penerima amanah.
firman Allah, yaitu:

“Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanat yang dipercayakan kepadamu, sedangkan kamu mengetahui.” (QS. Al Anfal: 27)

jadi amanah adalah sikap yang mampu bertanggung jawab atas kepercayaan dan tanggung jawab yang diberikan atau dipercayakan seseorang kepada orang yang dipercaya.


3.MENYAMPAIKAN 

Pengertian menyampaikan menurut bahasa adalah mampu mengatakan atau berbicara.sedang secara bahasa adalah kemampuan seseorang untuk menyampaikan apa yang dia tahu kepada mereka yang masih belum tahu,yang berarti maksud dari sifat menyampaikan adalah seseorang mampu dan sanggup menyampaikan ilmu atau kabar kepada orang yang masih belum tahu,juga dapat diartikan mampu mempengaruhi seseorang tersebut dengan apa yang disampaikan dan orang itu mau untuk melakukan seperti apa yang disampaikan.


4.CERDAS ATAU PINTAR 

Pengertian cerdas atau pintar secara bahasa yaitu seseorang harus menguasai ilmu.sedang menurut bahasa adalah seseorang harus memiliki dan mengusai ilmu sesuai bidangnya,bisa satu ilmu ataupun beberapa ilmu.

dalam kesuksesan juga ada istilah 2 pondasi yang itu merupakan dasar dai kesuksesan itu endiri,

2 PONDASI SUKSES
 Merupakan dasar dari kesuksesan,tanpa 2 pondasi isi seseorang muhal dalam mencapai kesuksesan yang haqiqi,seperti apa dan bagaimana pondasi tersebut,mari kita pelajari bersama.

1.SABAR

Pengertian sabar yaitu suatu sikap menahan diri, emosi, dan keinginan, dan juga bertahan dalam situasi yang sulit dan tidak mengeluh.Sabar merupakan pengendalian diri yang juga dipandang sebagai sikap yang mempunyai nilai tinggi dan mencerminkan kekokohan jiwa. Apabila semakin tinggi kesabaran yang dimiliki seseorang, maka semakin kuat pula orang tersebut dalam menghadapi segala macam masalah yang menghadapinya dalam kehidupan.
Kata sabar sendiri berasal dari bahasa Arab yaitu dari kata sobaro yasbiru, yang artinya menahan. Sedangkan secara istilah, pengertian sabar adalah menahan diri dari segala sesuatu bentuk kesulitan, kesedihan atau menahan diri dalam menghadapi sesuatu yang tidak disukainya.


2.MAN JADDA WAJADA(barang siapa bersungguh-sungguh pasti akan berhasil)


Ada ungkapan Arab yang terkenal di kalangan pesantren yaitu “Man Jadda WaJada” yang artinya “Barangsiapa bersungguh-sungguh pasti akan mendapatkan hasil, ”-where there is a will there is a way !” , juga terkenal di masyarakat kita pepatah “Dimana ada kemauan, pasti disitu ada Jalan “. Tidak ada hal yang sulit jika kita mau berusaha dengan kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas, yang penting ada kemauan dan ada kesungguhan serta gunakan logika serta ilmu pengetahuan sesuai kapasitas kita masing masing yang telah Allah Ta'ala karuniakan. Setiap manusia punya potensi untuk tumbuh dan berkembang, jadi bukan hanya sekedar tumbuh semata, melainkan harus berkembang. Allah sudah berikan modal dasar berupa otak dan akal yang lebih baik dibandingkan dengan mahluk lainnya di muka bumi ini. Jadi sangatlah keliru jika kita beranggapan bahwa nasib tidak bisa diubah. Nasib kita itu kita sendirilah yang menentukan, sebagaimana yang telah di firmankan oleh Allah dalam kitab suci Al-Quran bahwa Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum sampai kaum itu sendiri yang mengubah nasib atau keadaan yang ada pada dirinya (QS Ar-Ra'd 11). 

dalam proses menuju sukses,4 pilar harus di kuasai urut dan tertib dari jujur,amanah,menyampaikan dan pintar dan ditambah 2 pondasi yang itu harus ditanamkan sejak dini sebelum 4 pilar ini,karena jika tidak suksesmu akan hancur sebagai contoh satu,jika kamu pintar dulu tapi tidak jujur,yaqin pasti kamu akan jadi orang yang korupsi dan pembohong.


Mungkin itu yang dapat kita pelajari hari ini,kalau ada kata atau tulisan yang salah maupun tidak benar saya SOHIBY mengucapkan banyak minta maaf,jika ada sesuatu yang tidak berkenan dihati silakan komen agar saya tahu keslahan saya.



Terimakasih semoga bermanfaat.

Jangan lupa untuk selalu dapat belajar bersama FOLLOW DAN SHARE!!!

WASSALAMU'ALAIKUM WR WB






1 comment: Leave Your Comments