WHAT'S NEW?
Loading...

,MANFAAT YANG WAJIB ANDA KETAHUI TENTANG MENIKAH DAN CARA AMPUH MEMPERTAHANKAN RUMAH TANGGA.



Bismillah Alhamdulillah

Allohummasholli'alamuhammadwa'alaalisayyidina muhammad.




Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.






Sahabat yang dimuliakan ALLOH SWT,pada kesempatan ketiga yang akan saya ulas adalah tentang NIkah,jujur karena setelah melihat pernikahan putri bapak presiden jokowi saya jadi ingin mengulas tentang nikah.



Bagi sebagian orang menikah mungkin hanya diartikan agar dapat hidup bahagia dengan pasangan yang di cintai,tapi bukan itu sahabat,menikah memiliki arti dan manfaat yang begitu banyak dan menakjubkan


Apa sih itu MENIKAH,MANFFAT MENIKAH dan bagaimana cara MEMPERTAHANKAN RUMAH TANGGA.
Meri kita pelajari mengenai hal tersebut.














Pengertian Nikah

menurut bahasa nikah yaitu menghimpun atau mengumpulkan. Sedangkan menurut istilah syara’ nikah adalah suatu ‘aqad yang menghalalkan seorang laki-laki dengan perempuan yang bukan muhrim untuk bersatu menjadi suami istri dengan ucapan ijab dan qabul yang disaksikan oleh beberapa orang saksi dan wali dengan syarat dan ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan oleh hukum syara’. Menikah ini dilakukan dengan tujuan untuk membina suatu rumah tangga yang bahagia berdasarkan tuntunan Allah SWT, Dan mengikuti sunnah Rasulullah SAW.


Hukum menikah

Pada dasarnya menikah hukumnya adalah sunnah muakkad yaitu sunnah yang sangat-sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Namun bisa berubah sesuai dengan kondisi dan niat seseorang. Jika seseorang menikah dengan niat untuk menjauhi dari perzinahan, maka hukumnya sunah. Akan tetapi, jika diniatkan untuk sesuatu yang buruk, maka hukumnya menjadi makruh, bahkan haram.

Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surah Ar-Ruum ayat 21 yang berbunyi:

Artinya : "Dan diantara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir". (Q.S. Ar-Rum: 21).



MANFA'AT MENIKAH

1. LEBIH TERJAGA DARI DOSA DAN MAKSIAT

Sahabat lembahilmu.com yang berbahagia, kita saat ini hidup di zaman “edan”, haha…

Kenapa saya bilang begitu, karena jika kita lihat anak-anak muda zaman sekarang, rasanya “pengin banget ngelus dada”, yah karena prihatin dengan kerusakan yang ada.

Oleh karena itu, untuk sahabat sekalian, menikah mudalah, karena itu lebih bisa menjaga diri kita dari dosa dan maksiat.
Jadi klo bisa sekarang, kenapa harus ditunda ?


2. LEBIH CEPAT MERAIH KESUKSESAN

Ada yang bilang jika menikah muda akan menghambat kesuksesan kita.

Saya katakan ini 100% salah, justru dengan menikah muda anda akan mendapatkan “spirit” dan semangat tersendiri.

Yang mana dengan spirit tersebut anda akan lebih giat dan semangat dalam mencapai kesuksesan.

Gak percaya ???

Silahkan dibuktikan sendiri, karena sudah banyak orang yang membuktikannya.
3. LEBIH PUAS DALAM BERCINTA
Maksudnya apa yah ??

Ya, jika anda menikah di usia yang muda maka akan ada semangat berbeda yang anda miliki ketimbang anda menikah di saat usia anda sudah kelewat umur.

Selain fisik dan jasmani yang masih segar, semangat yang membara akan membawa anda dan pasangan anda lebih menikmati setiap lembaran kisah romantis yang akan kalian rasakan.
Gak percaya ???Buktikan sekarang juga.
 
4. MENENANGKAN HATI DAN PIKIIRAN

Percaya deh, jika anda sudah memasuki usia antara 17-25 tahun sedang anda masih belum menikah, pasti hati dan pikiran anda akan sering dilanda “Galau”.
Mau pacaran dosa.
Gak pacaran, hati akan galau ( tentunya jika hidup anda tidak dihiasi dengan ibadah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala).

Oleh karena itu jika memang sudah sanggup dan siap untuk menikah muda, kenapa tidak ??

Allah Subahanahu wa Ta’ala berfirman :

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ 


“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir”. (Qs. Ar-Ruum : 21).
5. LEBIH BAIK BAGI MASA DEPAN ANAK-ANAK

Ketika anda menikah di usia muda, maka peluang anda untuk mendapatkan anak di usia muda juga lebih besar, ketika anda sudah memiliki anak di usia yang muda, maka dengan penuh semangat anda bisa membimbing dan mengajari mereka banyak hal.

Dan ketika mereka sudah dewasa, usia anda pun belum terlalu tua, sehingga anda bisa melihat kesuksesan anak-anak anda dimasa yang akan datang.
6. MENIKMATI PETUALANGAN HIDUP ANDA BERSAMA PASANGAN ANDA.

Anak muda identik dengan rasa penasaran dan suka tantangan, ketika anda menikah di usia yang relatif muda, akan ada banyak hal-hal seru dan menantang yang akan anda nikmati bersama pasangan anda.

Gak percaya ???
Buktikan segera. 

7. DAPAT SALING MEMBENTUK ‘KEMATANGAN’ DIANTARA PASANGAN SEIRING BERJALANNYA WAKTU

Anak muda dikenal sebagai manusia yang masih labil dan belum menemukan jati diri “kedewasaan” yang sesungguhnya.
Namun dengan anda menikah di usia muda, kematangan anda akan bertambah seiring dengan tumbuhnya rasa tanggung jawab yang harus diemban ketika anda telah menikah.
8. MEMILIKI PENDUKUNG SETIA YANG AKAN MENEMANI ANDA UNTUK BERSAMA-SAMA MERINTIS KARIR YANG ANDA MINATI


Ketika menikah di usia muda, kebanyakan pasangan belum mendapatkan predikat “mapan” yang sesungguhnya, karena di samping usia yang masih muda, pengalaman hidup mereka pun masih terbilang minim.

Oleh karena itu, setiap pasangan muda pasti memiliki cita-cita untuk menjadi orang yang sukses dan “mapan”.

Dengan adanya keinginan bersama tersebut, maka satu sama lain akan saling menguatan dan memberi motivasi kepada pasangannya untuk mencapai sukses di dalam karirnya.
9. ANDA BELAJAR UNTUK BERKOMPROMI KETIKA ANDA DIHADAPKAN DENGAN MASALAH YANG MEMBUTUHKAN KEPUTUSAN BESAR.

Ketika anda menikah di usia muda, akan ada hal-hal baru yang akan membuat anda dan pasangan anda terkejut, dan tentunya ada beberapa masalah yang akan menimpa keluarga anda.

Nah pada saat inilah anda dan pasangan anda akan belajar berkompromi dan mencari jalan tengah bersama-sama ketika akan memutuskan suatu masalah.
10. ANDA TUMBUH DEWASA BERSAMA-SAMA DENGANYA

Anak muda, identik dengan sifat kenakan-kanakan dan sifat manja.

Dengan anda menikah di usia muda, otomatis kejiwaan anda akan tumbuh dan membaik sesuai dengan tuntutan yang akan anda rasakan ketika sudah berkeluarga.

Jika hal ini terus berlanjut, maka kedewasaan anda dengan pasangan anda akan tumbuh bersama seiring tumbuhnya cinta kasih diantara kalian.
11. ANDA BISA MELEPASKAN KEBIASAAN EGOIS ANDA SEBELUM PERASAAN EGOIS ITU SEMAKIN BERKEMBANG

Setiap manusia pasti memiliki bagian tersendiri dari sifat dan karakter egois, hanya saja tingkatnya yang berbeda-beda, nah ketika anda telah menikah dan hidup serumah berdua dengan pasangan anda, mau tak mau anda akan sedikit demi sedikit menghilangkan sifat egois anda.

Tentunya demi kebahagiannya anda akan rela menghilang ego dan mementingkan kepentingan dan kepuasan bersama.
12. ANDA TELAH MEMBUAT SESEORANG MENJADI PRIORITAS UTAMA ANDA.

Ketika anda belum menikah, mungkin anda hanya memikirkan diri anda sendiri, namun ketika anda telah menikah, maka akan ada orang yang akan menjadi prioritas utama anda, yang mana hal itu dapat menjadikan anda lebih semangat lagi untuk mengejar kesuksesan.
13. ANDA BERDUA AKAN MEMILIKI LEBIH BANYAK ENERGI, ENTAH ITU DALAM KERJA BERSAMA, BERMAIN BERSAMA, ATAU UNTUK BERMAIN DENGAN ANAK ANDA BERSAMA-SAMA.
Romantis bukan ???

Bayangkan saja jika anda bisa bermain dan bercanda dengan pasangan dan anak-anak anda.

Sungguh rasanya anda telah menikmati yang namanya “Surga Dunia”, hehe.

Dengan usia yang masih muda akan ada banyak energi yang bisa anda manfaatkan untuk bersenang-senang dengan keluarga anda.
14. MUDAH BERADAPTASI

Anak muda lebih mudah dan cepat dalam beradaptasi, lain halnya dengan orang yang sudah lanjut, faktor pikiran dan sifat yang sudah menancap kuat akan sedikit menghambat anda beradaptasi dengan lingkungan dan kondisi berumah tangga.

Maka selagi masih muda dan sudah siap untuk menikah, bersegeralah, karena akan ada hal-hal baru yang harus anda dan pasangan anda lakukan agar keluarga anda menjadi keluarga yang bahagia di dunia dan akhirat.

15. LEBIH PUAS UNTUK URUSAN INTIM

Wooww !!!

Maaf nih bahasanya sedikit “membangkitkan”.

Ketika anda menikah di usia muda, maka anda akan memiliki fisik dan kejiawaan yang kuat dan segar untuk bercinta dengan pasangan anda, sehingga bukannya hanya durasi bercinta saja yang akan meningkat, namun kualitasnya pun akan berbeda dibandingkan ketika anda menikah di usia 30 tahuh lebih.
Maka jangan pernah sia-siakan kesempatan ini yah,

Jika sudah mampu, kenapa tidak ???
16. BERSAMA-SAMA MENGEJAR MIMPI

Setiap anak muda pasti memiliki mimpi yang ingin dicapai, nah jika anda menikah di usia muda, maka anda dan pasangan anda akan bersama-sama mengejar mimpi dan bahu-membahu untuk mewujudkan mimpi tersebut.
17. BISA MENJADI LEBIH BERTANGGUNG JAWAB

Ketika kita hidup sendiri dan belum memiliki tanggung jawab, maka kita lebih cenderung untuk menyepelekan amanah atau tugas-tugas yang ada.

Namun ketika anda telah memiliki pasangan hidup, maka anda akan menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab lagi, karena anda yakin ada seseorang yang harus anda buat bahagia dan anda buat tersenyum.
18. MENGURANGI RESIKO DAN BAHAYA DARI EFEK MELAHIRKAN

Ketika anda menikah di usia muda, maka kemungkinan besar anda akan mengandung (bagi yang perempuan) di usia yang muda pula, menurut kesehatan, mengandung dan melahirkan di usia muda jauh lebih aman dibandingkan melahirkan di usia tua.Hal ini dikarenakan kesehatan dan kebugaran fisik yang berbeda dibandingkan orang yang melahirkan di usia tua.
19. MEMILIKI TEMAN BERBAGI YANG BISA DIPERCAYA
Kebiasaan anak muda adalah suka “curhat” berbagi rasa bahagia atau susah kepada orang lain.Nah ketika anda telah menikah di usia muda, maka anda akan memiliki pasangan sekaligus teman untuk berbagi rasa yang anda miliki.
Tentunya dia adalah pasangan hidup anda yang bisa menjaga semua rahasia-rahasia anda.
20. GAYA HIDUP MENJADI LEBIH BAIK, SEBAB PADA UMUMNYA ANAK MUDA SUKA HURA-HURA

Anak muda identik dengan “hura-hura” atau “foya-foya” dan kehidupan boros lainnya,Ketika anda sudah menikah di usia yang muda, maka kehidupan anda akan menjadi lebih teratur dan terhindar dari sifat suka “hura-hura”, karena anda kini tak lagi hidup sendiri dan memiliki pasangan yang harus anda pikirkan juga.
21. MEMPUNYAI SESEORANG YANG BISA MENCEGAHNYA LEPAS KENDALI.

Pada usia dini siapapun lebih mudah tergoda oleh hal-hal yang tampaknya indah di mata, nah jika anda telah menikah dan memiliki pasangan di usia muda, maka akan ada seseorang yang senantiasa mencegah dan menasehati anda ketika anda akan keluar dan lepas kendali.Indah bukan yang namanya pernikahan itu ???
22. TETAP TERPELIHARANYA JALUR KETURUNAN MANUSIA, SERTA MEMPERBANYAK JUMLAH KAUM MUSLIMIN

Diantara tujuan utama dari menikah adalah menjaga kesucian hati dan memperbanyak keturunan.
Tentunya anak muda akan lebih bersemangat untuk mewujudkan tujuan ini, yaitu memperbanyak keturunan namun tetap memperhatikan kualitas keturunan tersebut.
Selamat mencobanya.
23. TEREALISASINYA KEPEMIMPINAN SUAMI ATAS ISTRI DALAM HAL MEMBERIKAN NAFKAH DAN PENJAGAAN KEPADANYA.

Allah Berfirman:


الرِّجَالُ قَوَّامُونَ عَلَى النِّسَاءِ بِمَا فَضَّلَ اللهُ بَعْضَهُمْ عَلَى بَعْضٍ وَبِمَا أَنفَقُوا مِنْ أَمْوَالِهِمْ 

“Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita) dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka”. (An Nisa’ : 34)
24. MEMBENTENGI MASYARAKAT DARI PERILAKU YANG KEJI DAN MENGHANCURKAN MORAL SERTA ETIKA YANG BERADAB

Dengan menikah muda, maka akan terbentuklah masyarakat yang bersih dan beradab.Bagaimana tidak, sekarang coba anda lihat bagaimana kelakuan anak-anak muda zaman sekarang,Rasanya antara manusia dengan binatang hampir tidak ada bedanya (maaf jika ada yang tersinggung)Tapi ini adalah fakta.
25. MENGANGKAT DERAJAT MANUSIA DARI KEHIDUPAN BAK BINATANG MENJADI KEHIDUPAN MANUSIAWI YANG MULIA

Tahukah anda sifat binatang itu bagaimana ???Jika suka dengan lawan jenis “langsung” deh, tanpa malu berbuat hal-hal yang tidak pantas di depan umum.Nah dengan menikah muda, maka anda akan mengikatkan cinta anda kepada pasangan anda dengan ikatan yang suci, sehingga tidaklah masalah lagi jika anda “melampiaskan” cinta anda kepada pasangan anda, karena memang anda telah halal melakukannya.
26. TERPELIHARANYA NASAB DAN KETURUNAN YANG BAIK

Dengan menikah di usia yang muda, anda akan segera memiliki anak dan keturunan dari nasab yang baik, karena setiap anak yang lahir dengan hubungan pernikahan yang sah, maka akan memiliki nasab yang baik.Berbeda dengan anak yang lahir dari hubungan “zina”, maka anak tersebut akan memiliki nasab yang buruk dan tidak terjaga.
27. MASIH BELUM MEMILIKI KEBUTUHAN YANG BANYAK

Ketika anda menikah di usia muda, peluang anda untuk mengembangkan karir terbuka lebar.
Karena saat itu anda masih belum memiliki kebutuhan dan tanggungan yang banyak.
Anda dan pasangan anda bisa melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi demi mendukung karir dan cita-cita anda.
28. KEUANGAN YANG LEBIH TERKONTROL
Jika anda sudah punya penghasilan namun belum menikah, maka biasanya anda akan cenderung untuk menjadi pribadi yang kurang bisa mengontrol keuangan anda.
Tetapi berbeda jika anda telah menikah, dijamin (insya Allah) anda akan menjadi pribadi yang lebih pandai dalam memanajemen keuangan anda.

29. BISA MENIKMATI MASA TUA DENGAN ANAK-ANAK YANG SUDAH DEWASA

Indah bukan, jika seandainya hari tua anda dikelilingi anak-anak yang telah tumbuh dewasa serta ditemani dengan cucu-cucu yang lucu dan imut ???
Pasti akan menjadi hari tua yang sangat membahagiakan bagi anda dan pasangan anda.

30. TIDAK MEMBUANG-BUANG WAKTU



TIPS MEMPERTAHANKAN BAHTERA RUMAH TANGGA 

Perlu diketahui bahwa perceraian merupakan suatu hal yang sangat harus dihindari karena itu merupakan perbuatan yang sangat tidak disenangi ALLOH SWT.
khususnya pada masyarakat indonesia,banyak pada zaman sekarang orang orang menganggap remeh hal itu,buktinya angka perceraian semakin meningkat per tahunya,oleh karena itu untuk mengurangi hal tersebut,cara mempertahankan suatu hubungan agar selalu bhagia perlu untuk di ketahui dan dipelajari ,slah satunya sebagai berikut.





Sahabat yang berbahagia selalu, dalam mengarungi bahtera rumah tangga, kadang-kadang kita menemui riak gelombang. Namun, perlu kita sadari bahwa jangan sampai riak gelombang itu membuat bahtera rumah tangga kita menjadi pecah, apalagi sampai karam. Oleh karena itu, perlu dipahami tips menjaga keharmonisan rumah tangga. Supaya rumah tangga kita menjadi rumah tangga yang sakinah, mawadah, wa rahmah.


Rumah tangga merupakan kumpulan dari sepasang suami istri dalam satu rumah. Mereka membentuk ikatan yang tak terpisahkan. Artinya, semua masalah dalam rumah tangga menjadi tanggung jawab dari pasangan tersebut. Mencapai keharmonisan rumah tangga memang bukan hal mudah karena suami istri itu memiliki kepribadian masing-masing yang berbeda satu dengan lainnya. Namun, dengan kerja keras, cinta, dan tanggung jawab, keharmonisan dalam rumah tangga bukan mustahil untuk diwujudkan. Oleh karena itu, mari kita simak tips menjaga keharmonisan rumah tangga berikut ini.




1. Hindari Melakukan Kekerasan

Dalam Alquran, seorang suami membolehkan untuk memukul istrinya saat sang istri membangkang. Namun, hal itu tidak bisa dijadikan alasan bagi seorang suami untuk menganiaya istrinya. Hal ini karena bagaimanapun istri adalah belahan jiwa. Hindari melakukan kekerasan dalam rumah tangga, sepelik apa pun permasahan yang dihadapi. Hadapilah setiap persoalan dengan kepala dingin. Selain itu, hindarkan pula mencaci maki satu sama lain karena hal itu tidak akan menyelesaikan masalah, justru akan menimbulkan rasa sakit hati pada suami atau istri.2. Saling Mengerti dan Memahami

Latar belakang dan perbedaan kondisi asal lingkungan pada sepasang suami istri tentunya berbeda. Dari perbedaan itu kadang-kadang timbul perselisihan. Oleh karena itu, sepasang suami istri perlu untuk saling memahami satu sama lain supaya tidak timbul perselisihan atau percekcokan.

3. Pelihara Sikap Hormat
Dalam membangun biduk rumah tangga, suami istri harus saling menghormati satu sama lain. Dengan adanya rasa hormat, keharmonisan dalam rumah tangga akan tercapai. Carilah sisi positif dari pasangan sehingga kita tak perlu ragu lagi untuk menaruh hormat pada pasangan kita.

4. Tunjukkan Kasih Sayang
Kalau ada pasangan pengantin baru mesra, itu hal biasa. Kalau ada pasangan lama dan masih tetap mesra, itu baru luar biasa. Salah satu kuncinya, jangan sungkan untuk mengunkgapkan perasaan kasih sayang pada pasangan kita. Tak perlu memiliki alasan tertentu untuk memeluk atau mencium pasangan kita. Semakin kita dekat secara intens pada pasangan, keharmonisan dalam rumah tangga akan semakin mudah tercapai.

5. Selalu Berusaha Menyenangkan Pasangan

Dengan selalu berusaha menyenangkan pasangan, ikatan cinta kasih di antara sepasang suami istri akan semakin kukuh. Biasanya, pasangan yang merasa senang hatinya juga akan membalas dengan kebaikan yang sama. Perlu untuk dicoba bukan tips menjaga keharmonisan rumah tangga di atas?

6. Mengatasi Persoalan Bersama

Tips menjaga keharmonisan rumah tangga selanjutnya adalah mengatasi persoalan bersama. Setiap masalah yang timbul dalam kehidupan rumah tangga merupakan bumbu bagi keharmonisan dalam rumah tangga. Sahabat Abi Ummi, seyogianya kita mengatasi setiap masalah atau persoalan yang ada secara bersama-sama. Itu akan memperkuat keharmonisan dalam rumah tangga kita.
7. Tak Perlu Ada Rahasia

Tips menjaga keharmonisan rumah tangga yang lain adalah ada kejujuran. Kejujuran merupakan kunci kebahagiaan dalam rumah tangga. Oleh karena itu, antara sepasang suami istri tak perlu lagi ada rahasia. Jika kita bersalah, lekaslah untuk meminta maaf. Itu akan menjaga keharmonisan dalam rumah tangga kita.
8. Mensyukuri Hal yang Ada

Bersyukur atau kanaah merupakan salah satu tips menjaga keharmonisan rumah tangga. Sikap ini sangat diperlukan. Kadang-kadang karena menginginkan sesuatu yang lebih, sepasang suami istri menjadi sering bertengkar. Itu tentu saja tidak baik, ya, Sahabat Abi Ummi. Saling menerima dan bersyukur dengan yang ada akan membuat rumah tangga menjadi lebih harmonis.
9. Komunikasi yang Intens

Tak jarang sepasang suami istri yang sibuk bekerja menjadi lupa untuk selalu menjaga komunikasi dengan pasangan. Padahal, komunikasi bagi sepasang suami istri sangatlah penting. Sesibuk apa pun kita, upayakan untuk selalu berkomunikasi dengan pasangan kita, apalagi teknologi sekarang sudah sangat canggih sehingga tak ada lagi alasan tidak sempat, bahkan sampai tidak ada waktu untuk menghubungi pasangan, walau sekadar mengatakan “I love you” atau “Aku kangen.” Kata-kata sederhana itu merupakan salah satu kunci dalam tips menjaga keharmonisan rumah tangga.

Mungkin itu yang dapat kita pelajari hari ini,kalau ada kata atau tulisan yang salah maupun tidak benar saya SOHIBY mengucapkan banyak minta maaf,jika ada sesuatu yang tidak berkenan dihati silakan komen agar saya tahu keslahan saya.


Mungkin itu yang dapat kita pelajari hari ini,kalau ada kata atau tulisan yang salah maupun tidak benar saya SOHIBY mengucapkan banyak minta maaf,jika ada sesuatu yang tidak berkenan dihati silakan komen agar saya tahu kesalahan saya.

Terimakasih,semoga bermanfaat.
Jangan lupa untuk selalu dapat belajar bersama saya LIKE FOLLOW DAN SHARE!!!
WASSALAMU'ALAIKUM WR WB

0 comments:

Post a Comment