WHAT'S NEW?
Loading...

HADIST tentang Keutamaan Membaca Dzikir Setelah Sholat

Bismillah Alhamdulillah
Allohummasholli'alamuhammadwa'alaalisayyidina muhammad.


Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

Sahabat yang dimuliakan ALLOH SWT,pada kesempatan 25 ini saya akan belajar mengenai 
keutamaan dzikir setelah solat.

Sahabat pernahkah kalian melihat seseorang yang setelah solat langsung meninggalkan tempat dimana ia solat tanpa berdzikir atau sekedar menengadahkan tangan untuk berdoa,mungkin anda pernah menjumpai atu mengalaminya sendiri,saya pun terkadang begitu,maklum anak remaja,itu semua disebabkan karena kita kurang sabar,kita terlalu banyak memikirkan materi duniawi,bahkan dalam solatpun kita memikirkan duniawi,kita sering lupa kita sedang menghadap ALLOH SWT, semoga anda yang membaca artikel ini tidak termasuk orang yang seperti itu,dari itulah di anjurkan untuk senantiasa bertaubat,salah satunya dengan berdzikir untuk sejenak meninggalkan duniawi dan menghada sang ilahi.

Marilah sahabat kita belajar tentang apa itu dzikir!!!



DZIKIR


Menurut istilah agama Islam, dzikir adalah mengingat Allah Swt. Cukupkah hanya dengan mengingat Allah bisa diartikan dzikir? Tentu saja tidak. Sebab, dzikir adalah bagian dari iman. Sehingga, bagi umat Islam yang merasa beriman harus dzikir kapan pun dan di mana pun.

Selanjutnya, para ulama memperluas pengetian dzikir menjadi dua bagian, yaitu:1.Dzikir qalbi 2.Dzikir lisani

Dzikir qalbi adalah dzikir yang dilakukan untuk mengingat Allah Swt. dengan hati. Sebagaimana kita tahu, hati manusia sangat mudah sekali berubah. Baru saja senang, tak lama kemudian sedih. Tadi terharu, sekarang tiba-tiba kecewa, bahkan tanpa alasan yang jelas. Begitulah hati manusia yang rapuh dan labil. Alangkah mulianya Rasulullah saw. yang menganjurkan umat Islam untuk selalu berdoa untuk menjaga keimanan dan stabilitas hatinya supaya senantiasa tenang, ikhtiar, dan tawakal. Adapun doanya adalah, “Wahai yang membolak-balikkan hati (Allah Swt.), tetapkanlah hati kami dalam agama-Mu”

Dzikir lisani adalah dzikir yang dilakukan untuk mengingat Allah Swt. dengan lisan. Sebagimana tadi sudah dijelaskan bahwa dzikir adalah bagian dari iman. Sementara iman adalah membenarkan dengan hati, mengikrarkan dengan lisan, dan mengamalkan dengan anggota badan. Maka, setantiasa menjaga lisan dan ucapan, menyaringkan dzikir setelah salat, dan amal baik lainnya melalui lisan bisa dikategirikan dzikir lisani.

HUKUM DZIKIR DAN HADIST TENTANG DZIKIR

Membaca Dzikir Setelah Sholat itu Sunnah Muakkad, yakni suatu Amalan Ibadah sangat dianjurkan sekali bagi Umat Muslim untuk dilakukan karna akan mendapatkan Pahala yg banyak. Selain itu Berdzikir tlah diperintahkan oleh Allah SWT untuk dilakukan bagi Setiap Orang Yang Beriman (Umat Muslim), dan dalam hal ini bisa kalian lihat didalam Firman Allah SWT di Kitab Suci Al Qur’an Surat Al-Ahzab Ayat 41 dan Ayat 42 yang berbunyi : ” Hai Orang-Orang Yg Beriman, Berdzikirlah (dg menyebut nama) Allah, Dzikir yg sebanyak – banyaknya. Dan bertasbilah kepada’nya di Waktu Pagi dan Petang (QS. Al-Ahzab, Ayat 41 dan 42) ”.

Selain itu Hadits dari Abu Darda RA bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: ” Maukah ku beritahukan padamu suatu Amalan yg paling baik dan paling suci disisi Tuhan mu, dan paling menaikkan derajat’mu, dan lebih baik bagi’mu daripada menginfak’kan Emas dan Perak, dan lebih baik bagi’mu daripada berjuang melawan musuk, km membunuh musuk ataupun musuh membutuh’mu ”. Lalu Para Sahabat : ” Ya Rasul ”. Lantas Rasulullah SAW menjawab : ” Dzikrullah ” (HR. Ahmad, Ibnu Majah dan Tirmidzi). Selain itu Hadits dari Muadz bin Jabal Ra bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: ” Ahli Surga tak akan menyesali apapun didunia ini, kecuali atas waktu yg sudah mereka lalui tanpa berdzikir didalamnya (HR. Thabrani) ”.






1.Akan Mendapatkan Pahala Yg Banyak


Keistimewaan Membaca Dzikir Pertama ialah akan mendapatkan pahala banyak karena Dzikir termasuk Amalan Ibadah yang diperintahkan oleh Allah SWT untuk dilakukan bagi Setiap Muslim – Muslimah. Terdapat Hadits Shahih bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: ” Maukah ku beritahukan padamu suatu Amalan yg paling baik dan paling suci disisi Tuhan mu, dan paling menaikkan derajat’mu, dan lebih baik bagi’mu daripada menginfak’kan Emas dan Perak, dan lebih baik bagi’mu daripada berjuang melawan musuk, km membunuh musuk ataupun musuh membutuh’mu ”. Lalu Para Sahabat : ” Ya Rasul ”. Lantas Rasulullah SAW menjawab : ” Dzikrullah ” (HR. Ibnu Majah dan Tirmidzi).

2.Dapat Menghapuskan Dosa – Dosa


Lalu Hikmah Membaca Dzikir Setelah Sholat Yang Kedua ialah menghapuskan kesalahan (dosa) bagi yang menjaga dan membaca Dzikir, walaupun dosanya sebanyak buih dilautan. Hal ini bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih dari Abu Hurairah RA bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda yg berbunyi : ” Siapa yg mengucapkan Tasbih, Takbir dan Tahmid setelah mengerjakan Shalat sebanyak 33 kali dan menutupnya dg membaca La ilaha illallah la syarika lahu lahul mulku wa lahulhamdu wa huwa ala kulli syai’in qadir, maka dosa – dosanya akan diampuni walaupun sebanyak buih di lautan (HR. Malik) ”.

2.Akan Beruntung & di ingat Oleh Allah SWT


Manfaat Membaca Dzikir Setelah Sholat Ketiga adalah akan beruntung dan akan diingat oleh Allah SWT. Dalam hal ini bisa kalian lihat didalam Firman Allah SWT di Al Qur’an Surat Al Baqarah Ayat 152 berbunyi : ” Karna itu, ingat’lah km kepada-ku niscaya Aku ingat pula kpd’mu, dan bersyukur’lah kepada-ku, dan jangan-lah km mengingkari nikmat’ku (QS. Al Baqarah Ayat 152) ”. Selain itu bisa kalian lihat juga Firman Allah SWT didalam Al Qur’an Surat Al Jumu’ah Ayat 10 berbunyi : ” Apabila tlah dikerjakan Shalat, maka bertebaran’lah km di muka bumi, dan carilah Allah dan ingat’lah Allah banyak2 agar km beruntung (QS. Al Jum’ah Ayat 10) ”.

3.Ahli Dzikir Diharamkan Baginya Neraka


Kemudian Keutamaan Membaca Dzikir Yang Keempat ialah akan diharamkan Neraka bagi mereka yang menjaga Dzikir. Dan dalam hal ini bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih dari I’taban bin Malik RA bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda berbunyi : ” Tak akan datang seorang hamba yg mengucapkan Laa ilaaha illallah semata-mata karna Allah di Hari Kiamat nanti, kecuali akan diharamkan baginya Neraka (HR. Bukhari dan Muslim) ”. Selain itu Hadits dari Muadz bin Jabal Ra bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: ” Ahli Surga tak akan menyesali apapun didunia ini, kecuali atas waktu yg sudah mereka lalui tanpa berdzikir didalamnya (HR. Thabrani)

4.Akan Mendapatkan Pahala Yg Banyak

Keistimewaan Membaca Dzikir Pertama ialah akan mendapatkan pahala banyak karena Dzikir termasuk Amalan Ibadah yang diperintahkan oleh Allah SWT untuk dilakukan bagi Setiap Muslim – Muslimah. Terdapat Hadits Shahih bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: ” Maukah ku beritahukan padamu suatu Amalan yg paling baik dan paling suci disisi Tuhan mu, dan paling menaikkan derajat’mu, dan lebih baik bagi’mu daripada menginfak’kan Emas dan Perak, dan lebih baik bagi’mu daripada berjuang melawan musuk, km membunuh musuk ataupun musuh membutuh’mu ”. Lalu Para Sahabat : ” Ya Rasul ”. Lantas Rasulullah SAW menjawab : ” Dzikrullah ” (HR. Ibnu Majah dan Tirmidzi).


Perlu ditekankan kepada kalian bahwa berdzikir itu telah dianjurkan dan telah diperintahkan untuk dilakukan oleh Allah SWT bagi Setiap Muslim – Muslimah, dan sangat dianjurkan sekali jika Dzikir Setelah Sholat ini diamalkan dan dibacakan sebelum membaca Doa Setelah Sholat Wajib karena salah satu waktu terbaik untuk membaca doa dan berdzikir mendekatkan diri kepada Allah SWT adalah ketika selesai mengerjakan Sholat Wajib Lima Waktu.

Mungkin itu yang dapat kita pelajari hari ini sahabat,kalau ada kata atau tulisan yang salah maupun tidak benar saya SOHIBY mengucapkan banyak minta maaf,jika ada sesuatu yang tidak berkenan dihati silakan komen agar saya tahu kesalahan saya.

Terimakasih,semoga bermanfaat.
Jangan lupa untuk selalu dapat belajar bersama saya LIKE FOLLOW DAN SHARE!!!
WASSALAMU'ALAIKUM WR WB.

0 comments:

Post a Comment