WHAT'S NEW?
Loading...

ALASAN NYATA KENAPA ORANG MELALAIKAN SHOLAT



Bismillah Alhamdulillah
Allohummasholli'alamuhammadwa'alaalisayyidina muhammad.

Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

Sahabat yang dimuliakan ALLOH SWT,pada kesempatan 14, saya akan belajar tentang solat
    Bagi sebagian orang merasa sulit untuk mengerjakan solat,ada yang dengan alasan saya belum siap, belum bisa,terlalu banyak doasa,tidak pantas,malas bahkan tidak mementingkan atau tidak mau solat.

Kalau anda orang islam solat itu wajib di laksanakan dalam kedaan apapun dan di manapun,jika orang islam tidak mau mengerjakan solat,maka orang itu termasuk orang-orang yang celaka begitu juga mereka yang bukan islam.
  Marilah kita simak! beberapa alasan sulitnya seseorang melakukan solat


          Kenapa Saya Susah Sholat 5 Waktu


tulisan ini mencoba mencari jawaban terhadap kebiasaan saya sendiri, dan mungkin juga anda, yang kesulitan untuk menunaikan kewajiban sholat 5 waktu.


Seorang narasumber untuk artikel di CNN, yang kebetulan bernama Muhammad menyatakan bahwa ini hanya masalah prioritas, mana yang anda anggap penting dalam keseharian dan hidup anda, maka melakukan sholat 5 kali sehari tidak akan terlalu sulit. Well, saya pribadi menganggap sholat sangat teramat penting, saya tahu ini ibadah yang akan dihisab pertama kali, bisa menjauhkan diri dari perbuatan keji dan munkar, dan saya benar-benar desperate untuk bisa melaksanakan sholat 5 waktu setiap harinya, bukan hanya 21 hari, seperti yang pernah saya lakukan sebelumnya, tetapi selamanya. Tetapi kenyataannya tidak demikian, sholat saya masih bolong-bolong dan kadang tidak sholat dalam sehari atau lebih (Masya Allah, ampuni hamba).


Kemudian saya berfikir, merenung, mencari-cari penyebab, mencari jawaban, saya paling benci kalau tidak memiliki jawaban terhadap sesuatu...hehehe. Saya sampai dalam satu kesimpulan, KEBIASAAN, sesuatu yang sudah saya simpulkan jauh sebelumnya dan mencoba memecahkannya dengan pendekatan lakukan 21 hari secara berturut-turut dan anda akan memiliki sebuah kebiasaan baik yang baru, i did it, saya berhasil, tetapi kemudian terulang lagi, sholat saya mulai bolong-bolong lagi dengan penyebab yang sebenarnya sederhana. Jadi sekarang saya mencari cara bagaimana melakukannya dengan pasrah dan tanpa beban, yang lagi-lagi ini menjadi bumerang bagi saya, karena saat AKAN sholat rasanya berat sekali bebannya, akhirnya ndak sholat lagi...haduh.


Satu hal yang saya temukan adalah, riya bisa membuat anda sholat, paling tidak ini kasus saya. Saat di kantor bekerja dengan teman-teman, saya selalu sholat paling tidak dhuhur dan ashar tidak pernah terlewat, alasannya karena riya (ingin dilihat) atau malu. Saya tahu ini alasan yang salah untuk beribadah, tapi saya merasa lebih baik sholat dengan niat kurang lurus daripada tidak sholat. Bagaimana dengan maghrib, isya dan subuh, hehehe, anda tahu sendiri jawabannya, kadang-kadang #mintadijewerpaketang. Subuh kasusnya tersendiri buat saya, ini jenis sholat yang paling jarang saya lakukan walaupun cuma 2 rekaat. Saya percaya sebagian besar dari kita memiliki masalah yang sama dengan subuh, dia ini seperti cewek sok jual mahal yang pedekatenya susah minta lamborghini, eh ampun.


Mungkin anda yang membaca tulisan ini heran, setelah berbagai cara dan upaya untuk bisa melakukan sholat 5 waktu tidak begitu sukses, kenapa tetap berusaha, kenapa ndak nerimo saja seperti diajarkan budaya jawa (saya jawa, muslim, dan Indonesia, sempurna, really??..mmm... not really, hehehe). Jawabannya sederhana saja, saya ingin dekat dengan yang menciptakan saya. Karena saya pernah merasa seperti itu, dan rasanya damai sekali, seolah masalah tidak ada...ya tentu saja masalahnya masih ada tapi rasanya tidak seberat saat kita dekat dengan tuhan, dalam kasus saya Allah SWT. Saya ingin seperti itu lagi, di syurga dunia, mungkin saya menyebutnya terlalu berlebihan, tapi di dunia dimana anda merasa tidak memiliki masalah apalagi kalau bukan di syurga.


Sekarang saya sudah beberapa hari tidak sholat (kayak pengakuan dosa ya), tapi hari ini saya akan mulai sholat lagi. (Saya sudah berada di keadaan ini beberapa kali dan terus berulang, beberapa hari sholat, beberapa hari tidak, atau sholat tapi bolong2, Lord forgive me). Kemudian saya simpulkan sendiri, kalau saya tidak bisa memenangkan 'pertempuran' ini saya akan terus berusaha, I am gonna die trying, Lord look at me, I aint giving up, I m putting a fight down here. (Saya akan berusaha matian-matian, ya Allah mohon lihat hamba, hamba tidak menyerah, saya berjuang keras dibawah sini). Karena saya percaya, tidak ada kemenangan mutlak untuk jihad melawan diri sendiri, yang ada hanya pertarungan terus-menerus. Kok sampai jihad segala ya??? hehehe. Sekian dulu ya shabat seperjuangan, anda tidak sendiri, saya sudah 15 tahun berusaha dan belum berhasil, mari bersama menghadapiNya  dengan jiwa-jiwa kita diselimuti kebanggaan. Amin ya Rabb.


 
Mungkin itu yang dapat kita pelajari hari ini,kalau ada kata atau tulisan yang salah maupun tidak benar saya SOHIBY mengucapkan banyak minta maaf,jika ada sesuatu yang tidak berkenan dihati silakan komen agar saya tahu keslahan saya.

Terimakasih,semoga bermanfaat.

Jangan lupa untuk selalu dapat belajar bersama saya LIKE FOLLOW DAN SHARE!!!

WASSALAMU'ALAIKUM WR WB

0 comments:

Post a Comment